2.1.Perdagangan
Melalui Jaringan Elektronik
Transaksi
bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan jaringan
internet.
^ Manfaat
perdagangan melalui jaringan elektronik :
- Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
- Hubungan dengan pemsok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
- Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat.
^ Kendala
perdagangan melalui jaringan elektronik :
- Biaya Tinggi.
- Masalah Keamanan.
- Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.
^ Jalan
menuju perdagangan melalui jaringan elektronik :
- Mengumpulkan intelijen bisnis.
- Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS).
2.2.Strategi
Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Ada beberapa
cara untuk melakukan transaksi perdagangan melalui jaringan elektronik.
Diantaranya adalah sebagai berikut :
- SISTEM ANTAR ORGANISASI (Interorganizatonal System-IOS).
- PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK (Electronic Data Interchange – EDI).
- EXTRANET.
- TRANSFER DANA secara ELEKTRONIK (Electronic Fund Transfer – EFT).
2.3.Sistem Antar Organisasi (IOS)
Suatu
kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai
satu sistem tunggal.
^ Manfaat
secara langsung IOS :
- Efisiensi komparatif, dapat menyediakan barang dan jasa lebih murah dari pesaing
- Efisiensi internal, perbaikan-pebaikan dalam perusahaan.
- Efisiensi antar-organisasi, perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusaahaan lain.
Kekuatan
tawar menawar, kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan
dengan pemasok dan pelanggan yang menguntungkan dirinya. Kekuatan itu berasal
dari tiga metode dasar :
- Keistimewaan produk yang unik.
- Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian.
- Peningkatan biaya peralihan.
^ Manfaat secara tidak langsung IOS
:
- Mengurangi kesalahan.
- Mengurangi biaya.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Meningkatkan kemampuan bersaing.
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
- Meningkatkan pelayanan pelanggan.
2.4.Pertukaran Data Elektronik (EDI)
Adalah
pertukaran langsung dokumen-dokumen bisnis dari komputer ke komputer, seperti
order pembelian dan order penjualan.
^ Hubungan EDI yang umum
Membentuk
kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara
perusahaan dengan pelanggan (customer side)
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
^ Standar EDI
Standar yang
digunakan di Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional
dinamakan EDIFACT.
^ Tingkat penerapan EDI
Tiga tingkat
penggunaan yang berbeda, yaitu :
1. emakai tingkat satu, hanya satu atau
dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set
transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma
banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi
aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan
tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
Pengaruh Penerapan EDI :
-
Tekanan
Pesaing.
-
Kekuasaan
yang dilaksanakan.
-
Kebutuhan
Intern.
-
Dukungan
manajemen puncak.
^ Manfaat EDI
Manfaat Langsung
: manfaat yang berasal dari teknologi
Manfaat Tidak Langsung adalah manfaat lain yang dihasilkan dari manfaat langsung.
Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
Manfaat Tidak Langsung adalah manfaat lain yang dihasilkan dari manfaat langsung.
Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
-
Mengurangi
Kesalahan.
-
Mengurangi
biaya.
-
Meningkatkan
efisiensi operasional.
-
Meningkatkan
hubungan dengan mitra dagang.
-
Meningkatkan
pelayanan pelanggan.
2.5.Teknologi
Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Pilihan
Teknologi :
1. Sambungan Langsung (direct
connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi.
2. Jaringan Bernilai Tambah (
value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya
menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk
menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan
komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga
mencakup para pelanggan.
d* Source : http://chochokye.wordpress.com/2009/12/29/1-perdagangan-melalui-jaringan-elektronik-e-commerce/ *
Tidak ada komentar:
Posting Komentar