Sabtu, 12 Januari 2013

11. Review Materi Keseluruhan

PENDAHULUAN

Bab "Review Materi Keseluruhan" bertujuan untuk mereview atau mengulang atau membahas kembali intisari yang didapat dari 10 bab tugas sebelumnya.

PEMBAHASAN
 BAB 1
Pengenalan Manejemen Informasi

Manajemen Informasi
Adalah seluruh aktifitas memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat (McLeod, 1998)

1.1.Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan
Ada 2 alasan kenapa para manajer sekarang ini, memberikan perhatian yang semakin besar terhadap manajemen informasi. Diantaranya :
1. Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat
2. Kemampuan komputer yang semakin baik
1.2.Peranan Manajer dalam Pengelolaan Manajemen Informasi
Dalam pengelolaan manajemen informasi pada perusahaan , manajer sangatlah berperan penting, sehingga untuk mendukung hal tersebut manajer harus memiliki beberapa keterampilan dan pengetahuan manajemen.

1.3.Data dan Informasi
Data terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai. Informasi adalah data yang telah diproses, atau data yang memiliki arti. 
 
1.4.Komputer Sebagai Elemen dalam Sistem Informasi
Sistem informasi sebagai sebuah sistem memiliki elemen-elemen :
o Perangkat keras (hardware)
o Perangkat lunak (software)
o Prosedur
o Orang
o Basisdata
o Jaringan komputer dan komunikasi data

1.5.Evolusi Sistem Informasi berbasis Komputer
Evolusi sistem informasi berbasis komputer meliputi :
o Fokus Data (SIA/EDP)
o Fokus Informasi (SIM)
o Fokus pada Pendukung Keputusan (SPK)
o Fokus pada Komunikasi (Otomatisasi Kantor)
o Fokus Konsultasi (Sistem Pakar)
 
BAB 2
E-Commerce 
 
E-Commerce merupakan suatu cara yang kini banyak diminati orang karena memudahkan para wirausahawan untuk mengembangkan usahanya secara online tanpa harus membuka toko.
 
2.1.Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan jaringan internet.
 
2.2.Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
cara untuk melakukan transaksi perdagangan melalui jaringan elektronik. Diantaranya adalah sebagai
berikut :
o Sistem Antar Organisasi (Interorganizational System - IOS)
o Pertukaran Data Elektronik (Electronic Data Interchange - EDI)
o Extranet
o Transfer Dana secara Elektronik (Electronic Fund Transfer - EFT)
 
2.3.Sistem Antar Organisasi (IOS) 
Suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem
tunggal.
 
2.4.Pertukaran Data Elektronik (EDI)
Adalah pertukaran langsung dokumen-dokumen bisnis dari komputer ke komputer, seperti order
pembelian dan order penjualan.
 
BAB 3
Model Sistem Umum perusahaan
 
3.1. Model Sistem Umum Perusahaan 
Model sistem umum pada perusahaan adalah dimana penyerdahanaan objek, yang terdiri dari
berbagai jenis model yang digunakan oleh perusahaan beserta kegunaan model itu sendiri yang
mempengaruhi juga di perusahaan agar mempermudah pengertian, komunikasi, dan memperkirakan
masa depan.
 
o Pengertian Model
Adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang
seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk
prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.
 
o Konsep Dasar Model Sistem Umum Perusahaan :
  
o Penggunaan Model Sistem Umum
Pasar swalayan
Arus Material: barang-barang yang akan dijual.
Arus Personil : Manajer took,pegawai gudang,kasir.
Arus Uang: Pemasukan yang disediakan oleh pembeli dan Pengeluaran kepada pemasok,pegawai dan
pemilik.
Sumber daya mesin : Lemari pendingin,kotak peraga,rak-rak,dan computer.
Proses transformasi: Pembungkusan Barang,mengatur barang di rak.
Elemen manajemen system konseptual: Manajer Toko dan asisten.
Pengolah informasi: Komputer dan pembaca beserta kasir.
 
BAB 4
Pendekatan Sistem Dalam Memecahkan Masalah Dan Membuat Keputusan

4.1. Pendekatan Sistem
o Pemahaman dasar pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
Proses pemecahan masalah secara sistematis bermula dari John Dewey, seorang profesor filosofi di
Columbia University pada awal abad ini. Dalam bukunya tahun 1910, ia mengidentifikasi tiga seri
penilaian yang terlibat dalam memecahkan masalah suatu kontroversi secara memadai yaitu:
1. Mengenali kontroversi
2. Menimbang klaim alternatif
3. Membentuk penilaian
 
o Tahapan pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan sistem
1. Usaha Persiapan
2. Usaha Definisi
 
o Faktor manusia yang mempengaruhi pemecahan masalah
1. Penghindar masalah (Problem Avoider)
2. Mengumpulkan Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker)
3. Menggunakan informasi untuk memecahkan masalah/Pemecah masalah
( Problem solver)

BAB 5
Dasar-Dasar Pemrosesan Komputer
 
5.1. Arsitektur Komputer
o Peralatan Input : Keyboard, Alat penunjuk, Alat pembaca optik, Alat pembaca magnetik, Berbicara
pada komputer.

o Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Sekunder
Penyimpanan komputer dibagi menjadi dua bentuk dasar, yaitu primer dan sekunder.
Media penyimpanan sekunder merupaan media yang digunakan untuk menyimpan data di luar main
memory pada komputer. 
Macam-macam penyimpanan sekunder : disket, zip, disk, CD/DVD, pita magnetik, smartcard,
blue-ray, harddisk, memory flash.

o Peralatan Output : Monitor, Printer, Speaker, Proyektor.

5.2. Software
o Software Sistem Operasi
Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan
OS. Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software.
selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam
komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara
bersamaan tanpa hambatan.
 
o Software Aplikasi
Software Aplikasi merupakan suatu program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas
khusus, seperti membuat dokumen, memanipulasi foto, membuat laporan keuangan atau merancang
rumah.
 
5.3. Peranan Peralatan I/O Dalam Pemecahan Masalah
o Untuk komunikasi
o Memudahkan dalam menginput file-file ke database
o Sebagai pemecahan masalah secara tidak langsung
o Mempermudah mengumpulkan informasi  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Labels

2ne1 (1) akademik (1) akuntansi (4) alat transportasi (1) animasi (2) animation (2) ararkula (1) asutubun (1) bagan divisional (1) bagan fungsional (1) bantuan langsung sementara masyarakat (1) batu goyang (1) best friend (2) bff (1) birthday (1) birthday party (1) blackforest (1) blackjack (1) blsm (2) brian mcknight (2) cake (1) CI (1) cobit (4) code igniter (1) conrol activities (1) control environment (1) Corat Coret (1) coso (4) cover (1) data flow diagram (1) dfd (1) dukun (1) eksistensi (1) enu (1) flowchart (4) foto (3) framework (1) friendship (1) globalisasi (2) gunadarma (19) ham (1) hambatan aktif (1) hambatan pasif (1) indonesia (3) informasi (4) information and communication (1) input (1) internal control (4) ipersonic (1) ipk (1) jakarta (1) karaweira (1) kebun raya bogor (1) kepemimpinan (1) kepribadian (1) kerentanan sistem (1) ketahanan nasional (1) kewarganegaraan (8) kisar (1) korea (3) kota tua (1) kpop (2) kuliah (2) kursus (1) larat (1) lepkom (1) lirik lagu (2) lonely (1) lyric (2) m-banking (1) manajemen (1) manajemen umum (3) marry your daughter (2) monitoring (1) muammar khadafi (1) nasi goreng (1) nilai (1) organisasi (2) OS (1) output (1) paranormal (1) pengendalian internal (4) perangkat lunak (1) persahabatan (1) personality (1) peta indonesia (1) peta maluku (1) project (1) proses (1) pulau (1) realis terpercaya (1) resep (1) risk assessment (1) secret garden (1) semester (1) siklus keuangan (1) siklus pendapatan (1) siklus pengeluaran (1) siklus produksi (1) simbol (2) sistem (5) sistem informasi akuntansi (7) sistem operasi (1) softskill (31) song (1) stasiun (1) studentsite (1) supranatural (1) tam (1) tata kerja (1) technology acceptance model (1) terapan komputer perbankan (1) test (1) tifico (1) tiramisu (1) tugas (14) video (1) wetar (1) wisata (1)

Recent Comments


RWL - yokoisvip Copyright © 2012 This template design by Whiteixora Sugarplum | All Images And Content Belongs to WHSC