Rabu, 10 April 2013

Kebijakan Indonesia Untuk Memenangkan Globalisasi

Globalisasi berasal dari kata global dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, berarti secara keseluruhan.
Globalisasi merupakan suatu proses yang mencakup keseluruhan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batas yang mengikat nyata.
Terkait dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, maksa globalisasi memiliki dimensi luas dan kompleks yaitu bagaimana suatu negara yang memiliki batas-batas teritoral dan kedaulatan tidak akan berdaya untuk menepis penerobosan informasi, komunikasi dan transportasi yang dilakukan oleh masyarakat di luar perbatasan.
Globalisasi dalam arti literal adalah sebuah perubahan sosial berupa bertambahnya keterkaitan di antara masyarakat dan elemen-elemennya yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional.


Negara Kesatuan Republik Indonesia atau yang biasa disingkat NKRI merupakan negara kepulauan.
Dalam hal globalisasi, Indonesia termasuk yang cepat menerima perkembnagan globalisasi.
Jika Saya menjadi pemimpin Negara Indonesia, kebijakan apa yang akan Saya lakukan untuk membawa Indonesia untuk memenangkan Globalisasi ?
Indonesia memiliki banyak eksistensi di berbagai macam bidang, contohnya Pertanian, Perikanan, Perhutanan, Wisata Alam, dll.
Untuk dapat memenangkan globalisasi, tentu saja tidak mudah mengolah seluruh sektor-sektor tersebut hanya dari pemerintahnya saja. Seluruh Warga Negara Indonesia seharusnya ikut berpartisipasi dalam memenangkan globalisasi.
Kebijakan yang kiranya akan Saya lakukan jika Saya menjadi pemimpin Indonesia diantaranya :

1. Saya tidak hanya fokus dalam suatu sektor dengan alasan akan terbengkalai sektor-sektor yang lain jika hanya fokus pada satu sektor saja, juga tidak menutup kemungkinan akan mudah diambil alih oleh negara-negara lain.

2. Dalam hal Perekonomian, Saya akan mengikutsertakan Indonesia memasuki Pasar Global dengan menjual bahan pangan, karya seni dan produk-produk lain yang asli buatan masyarakat Indonesia agar dunia mengakui bahwa Indonesia mampu bersaing di Pasar Global.

3. Dalam hal Kebudayaan, Saya akan melaksanakan secara rutin acara-acara kebudayaan Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia asli maupun pendatang bisa mengetahui seni budaya yang dimiliki Indonesia. Dengan begitu, tidak ada alasan bangsa lain mengakui kebudayaan-kebudayaan Indonesia.
Tidak dengan mudahnya menerima kebudayaan dari bangsa luar juga merupakan salah satu cara untuk memenangkan globalisasi dalam hal budaya.

4. Dalam hal Sumber Daya Alam (Pertanian, Perhutanan, Perikanan, dll), Saya akan mengolah sebisa mungkin agar Bangsa Indonesia tidak kekurangan di negaranya sendiri. Minimal dapat mengkonsumsi pangan yang layak karena di Indonesia sektor-sektor pertanian sudah semakin menipis, sehingga dengan ironisnya bangsa kita harus membeli dari negara luar.
Untuk perhutanan dan perikanan, Saya akan melakukan gerakan menanam pohon di suatu lahan yang tidak terpakai dan membuat tambak atau budidaya ikan yang dapat di konsumsi masyarakat Indonesia tidak dengan harga yang mahal.

5. Dalam hal Wisata Alam, Saya akan menghimbau tempat-tempat wisata yang terdapat di Indonesia, mengusulkan undang-undang bahwa tempat wisata di Indonesia seperti pantai, taman, pegunungan, dll adalah milik bersama, bukan merupakan milik instansi-instansi yang menginginkan keuntungan pribadi apalagi diolah oleh bangsa lain. Sehingga masyarakat Indonesia sendiri yang mengatur, tentunya dengan pengawasan dari pihak-pihak yang berwenang.


Dahulu Indonesia merdeka atas nama Bangsa Indonesia, Sekarang Indonesia harus mempertahankan Negara juga dengan persatuan Bangsa Indonesia !
Source :
http://tumija.wordpress.com/2011/03/15/globalisasi/
pemikiran pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Labels

2ne1 (1) akademik (1) akuntansi (4) alat transportasi (1) animasi (2) animation (2) ararkula (1) asutubun (1) bagan divisional (1) bagan fungsional (1) bantuan langsung sementara masyarakat (1) batu goyang (1) best friend (2) bff (1) birthday (1) birthday party (1) blackforest (1) blackjack (1) blsm (2) brian mcknight (2) cake (1) CI (1) cobit (4) code igniter (1) conrol activities (1) control environment (1) Corat Coret (1) coso (4) cover (1) data flow diagram (1) dfd (1) dukun (1) eksistensi (1) enu (1) flowchart (4) foto (3) framework (1) friendship (1) globalisasi (2) gunadarma (19) ham (1) hambatan aktif (1) hambatan pasif (1) indonesia (3) informasi (4) information and communication (1) input (1) internal control (4) ipersonic (1) ipk (1) jakarta (1) karaweira (1) kebun raya bogor (1) kepemimpinan (1) kepribadian (1) kerentanan sistem (1) ketahanan nasional (1) kewarganegaraan (8) kisar (1) korea (3) kota tua (1) kpop (2) kuliah (2) kursus (1) larat (1) lepkom (1) lirik lagu (2) lonely (1) lyric (2) m-banking (1) manajemen (1) manajemen umum (3) marry your daughter (2) monitoring (1) muammar khadafi (1) nasi goreng (1) nilai (1) organisasi (2) OS (1) output (1) paranormal (1) pengendalian internal (4) perangkat lunak (1) persahabatan (1) personality (1) peta indonesia (1) peta maluku (1) project (1) proses (1) pulau (1) realis terpercaya (1) resep (1) risk assessment (1) secret garden (1) semester (1) siklus keuangan (1) siklus pendapatan (1) siklus pengeluaran (1) siklus produksi (1) simbol (2) sistem (5) sistem informasi akuntansi (7) sistem operasi (1) softskill (31) song (1) stasiun (1) studentsite (1) supranatural (1) tam (1) tata kerja (1) technology acceptance model (1) terapan komputer perbankan (1) test (1) tifico (1) tiramisu (1) tugas (14) video (1) wetar (1) wisata (1)

Recent Comments


RWL - yokoisvip Copyright © 2012 This template design by Whiteixora Sugarplum | All Images And Content Belongs to WHSC